Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Adwords

panduan riset kata kunci SEO

Setelah pada postingan sebelumnya yang membahas secara umum fungsi dari google adwords , kali ini kita akan membahas bagaimana cara riset kata kunci menggunakan Google Adwords. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu kata kunci, dan mengapa kita harus riset kata kunci, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul Pentingnya Riset Kata Kunci. Karena sangat penting untuk Anda lebih mudah memahami proses secara teknisnya yang akan dibahas disini.

Oke, sekarang saya anggap Anda semua sudah mengetahui apa itu riset kata kunci dan kegunaannya. Sekarang saya misalkan saja bahwa Anda ingin membidik kata kunci Catatan Bisnis Online. Ini berarti jika orang lain mengetikkan kata Catatan Bisnis Online, maka Anda menginginkan website milik Anda berada di urutan teratas atau minimalnya berada di sepuluh besar (halaman satu).

Siap?

Langkah Pertama Riset Kata Kunci

Silahkan buka browser Anda kemudian kunjungi halaman adwords.google.com


Lalu silahkan Anda login dengan akun gmail Anda untuk bisa menggunakan tools ini. Jika belum punya, silahkan membuatnya terlebih dahulu. Bisa kan yah cara bikin email nya? Hehe

Kemudian silahkan Anda perhatikan menu atas di bagian paling kanan, klik tools kemudian pilih keyword planner. Jika bingung silahkan lihat pada gambar di bawah ini.

cara memakai google adwords

Langkah Kedua Riset Kata Kunci


Setelah Anda mengikuti step by step dari langkah diatas, akan muncul di layar monitor Anda tampilan seperti ini.


Kemudian klik kolom yang bertuliskan "search for new keyword and ad group idea" seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas.

Kolom tersebut adalah fitur untuk Anda mencari kata kunci utama dan referensi terbaik berdasarkan database dari Google. Inilah yang akan membantu Anda dalam memilih kata kunci yang optimal volume pencarian per bulannya dan minim persaingan.

Lanjutkan dengan mengetik kata kunci yang tadi sudah Anda fikirkan. Misalnya saja "catatan bisnis online" seperti yang terlihat pada gambar berikut.


Pada kolom "your landing page" silahkan dikosongkan saja. Kecuali Anda akan memasang iklan adwords, karena ketika mengisi landing page dengan halaman website Anda, maka google akan memberikan rekomendasi kata kunci terbaik untuk iklan website Anda.

Sedangkan tujuan kita riset saat ini adalah untuk mengetahui kata kunci secara umum tanpa harus dikhususkan pada halaman website kita.

Bingung ya? Hehehe

Mari simak analogi sederhana berikut.

Jika Anda hendak berburu, kira-kira harus punya alat dulu atau menentukan dulu target perburuan Anda? Tentu saja yang lebih efisien adalah menentukan dulu target, baru kemudian kita memilih dan mempersiapkan alat yang tepat.Jika mau menangkap ikan ya gunakanlah kail, bukan panah.

Sekarang sudah paham? Oke mari lanjutkan.

Pada kolom "targeting" secara default sudah terpilih wilayah Indonesia, bahasa Indonesia, dan search engine google. Jika Anda mau merubahnya, silahkan. Jika tidak pun tak mengapa. Anda bisa langsung klik tombol biru "get ideas"

Langkah Ketiga Riset Kata Kunci

Nahh!! setelah Anda klik "get ideas" maka muncul sekarang data statistik google yang berkaitan dengan kata kunci "Catatan Bisnis Online"


Silahkan klik tab "keyword ideas" seperti yang ditunjukkan pada kotak merah nomor 1 pada gambar diatas.

Keyword Ideas ini berisi hasil kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci utama yang tadi Anda ketik, yaitu "Catatan Bisnis Online".

Pada langkah ketiga ini adalah bagian terpentingnya karena Anda harus menganalisa hasil kata kunci yang ditunjukkan pada kolom kedua. 

Ternyata data google menunjukkan bahwa kata kunci Catatan Bisnis Online bukanlah kata kunci yang baik untuk ditarget. Karena hasil pada kolom "Avg Monthly Searches" tidak ada hasil. Ini artinya tidak ada seorang pun yang mencari informasi tentang "Catatan Bisnis Online"

Berarti Anda harus mengganti kata kunci yang akan di bidik dengan kata kunci lainnya yang masih berkaitan. Seperti yang ditunjukkan pada kolom 3 yang berwarna merah pada gambar diatas. Nah itu semua adalah kata kunci yang masih memiliki kaitan erat dengan "Catatan Bisnis Online"

Kemudian yang manakah yang bisa Anda pilih?

Oke.. pilihlah kata kunci dengan Avg Volume Searches yang tinggi, namun Competition-nya low atau medium. Hindari memilih yang Competition high, karena persaingan untuk kata kunci tersebut sangat padat. Dengan begitu akan memudahkan halaman website Anda merebut posisi di halaman pertama.

Pada hasil pencarian diatas, saya merekomendasikan "Cara Bisnis Online" sebagai target kata kunci yang bisa Anda pilih. Karena kata kunci tersebut memiliki volume pencarian yang lumayan banyak dengan kompetisi medium (menengah).


Sudah mengerti kan?

Silahkan berkreasi dengan berbagai kata kunci lainnya yang sesuai dengan tujuan SEO Anda. Jika ada yang belum dimengerti atau ada pertanyaan silahkan untuk meninggalkan komentar, atau mention saya melalui akun twitter @onino99