Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Cara mendapatkan uang dari internet sebenarnya sudah banyak yang membahas. Namun ternyata banyak orang yang masih belum paham, atau bahkan salah kaprah dalam mempelajari internet marketing. Nah, bagi Anda yang ingin mempelajari cara menambah penghasilan dari internet, sebaiknya simak terlebih dahulu artikel yang saya tulis ini baik-baik.

Ya! Mereka yang mempelajari internet marketing sering kali hanya fokus terhadap pemanfaatan internet sebagai sumber promosi, belum menyentuh pemanfaatan internet sebagai sumber pendapatan. Untuk memudahkan Anda memahami secara global mengenai cara mendapatkan uang dengan internet marketing, berikut ini saya buat bagannya.


mind map internet marketing

Definisi Internet Marketing


Menurut wikipedia, marketing adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.Sedangkan internet adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global TCP/IP.

Maka definisi internet marketing adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang memberikan informasi mengenai barang atau jasa dengan menggunakan media jaringan kemputer yang saling terhubung. Atau dengan bahasa yang lebih sederhana, internet marketing adalah pemasaran dengan media internet.

Belajar internet marketing untuk pemula sangat diperlukan untuk memahami dasar konsepnya agar memudahkan Anda untuk mencapai tujuan marketing.

Sudah siap? Mari kita mulai.

Untuk memahami pemanfaatan internet marketing, saya bagi kepada dua bagian besar yaitu, sumber promosi dan sumber pendapatan.

Internet Marketing sebagai Sumber Promosi


Promosi melalui internet memang memberikan keuntungan lebih daripada promosi secara konvensional. Internet bisa menjangkau lebih banyak orang tanpa terbatas jarak. Pada bagan di sebelah kiri gambar diatas, sumber promosi bisa dilakukan melalui 4 cara, yaitu:

1. Iklan Adwords (berbayar)

iklan berbayar adwords google

Gambar diatas ini menunjukkan hasil pencarian untuk kata kunci "Jual Sepatu", lihatlah bagian yang ditandai dengan kotak. Itu adalah iklan berbayar google yang ditampilkan pada halaman pertama dengan tata letak strategis, sangat mudah ditemukan oleh pembaca.

Anda bisa melakukan promosi secara cepat dan instant melalui search engine. Prinsipnya adalah sederhana, Anda memberikan deposit sejumlah uang kemudian mesin pencari akan menampilkan web/blog Anda di halaman teratas untuk kata kunci pencarian yang Anda targetkan. Dengan begitu, akan lebih banyak menarik pengunjung untuk datang ke web/blog membaca penawaran produk/jasa Anda.

2. SEO (Search Engine Optimization)

teknik seo terbaru 2015

SEO adalah teknik untuk menempatkan web/blog kita pada halaman pencarian sesuai kata kunci yang kita target. SEO ini membutuhkan effort yang tidak sedikit. Anda perlu melakukannya secara rutin dan tentu saja tidak dapat hasil yang instant seperti iklan berbayar. Untuk Anda yang ingin memahami lebih dalam, silahkan baca artikel saya sebelumnya mengenai Pengenalan SEO Dasar

3. Sosial Media

optimasi sosial media

Pemanfaatan sosial media ternyata cukup ampuh digunakan untuk sumber promosi. Semakin banyaknya pengguna smartphone dan pengguna sosial media membuat peluang keberhasilan menjadi promosi lebih besar. Dalam sosial media ada banyak komunitas online yang bisa Anda pilih menjadi target market.

Sosial media yang peling populer saat ini adalah facebook dan twitter. Namun ada juga sosial media lain seperti path dan instagram yang keberadaannya tidak bisa diabaikan begitu saja untuk kepentingan promosi.

4. Email Marketing


cara email marketing

Email marketing dikenal juga sebagai media promosi online tertua yang pernah ada. Sudah sejak lama sebelum bermunculan sosial media, email marketing sudah menjadi andalan promosi bagi para pebisnis online dalam menjangkau market melalui media internet. Prinsipnya sederhana, mengumpulkan alamat-alamat email orang lain kemudian mengirimi mereka email secara bersamaan untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Internet Marketing Sebagai Sumber Pendapatan


Jika Anda sudah memahami internet sebagai sumber promosi, sekarang saatnya Anda menyimak dan memahami internet sebagai sumber pendapatan. Karena banyak orang yang terus-terusan menggunakan internet sebagai media promosi tapi lupa mengoptimalkannya sebagai sumber pendapatan. Promosi terus tapi tidak ada penjualan ya buat apa??

Bukan hal yang aneh lagi jika saat ini Anda banyak membaca, melihat atau mendengar kisah pebisnis sukses yang berhasil menjadi jutawan bahkan miliarder dengan menggunakan internet marketing. Ada banyak cara menjadikan internet marketing sebagai sumber pendapatan, yang sangat familiar setidaknya ada 4 hal yang akan saya jelaskan sekarang, yaitu

1. Menjual Produk Sendiri


Dengan jangkauan yang lebih luas, internet memungkinkan untuk menyebarkan informasi seputar produk dan jasa kepada orang lain yang berada jauh dari Anda, bahkan berada diluar negeri sana. Anda bisa memanfaatkan internet untuk menyebarkan informasi produk atau jasa yang Anda miliki.

Kini banyak sekali orang yang membuat toko online yang menjual produknya sendiri melalui internet. Dengan semakin banyaknya pengguna smartphone, membuat peluang bisnis toko online semakin banyak diminati.

toko online Zalora
Toko Online Zalora


2. Publisher (penayang) - PPC (Pay per Click)


Publisher adalah penayang iklan PPC (pay per click). Seorang publisher yang menayangkan iklan di web/blog nya akan mendapatkan komisi setiap ada pengunjung yang melakukan klik terhadap link iklan. Tugas seorang publisher adalah menjaring pembaca sebanyak-banyaknya. Karena dengan demikian, iklan yang ada di web/blog nya memiliki kemungkinan lebih besar untuk di klik.

Salah satu program PPC terbaik yang paling populer adalah Google Adsense. Banyak para blogger yang memanfaatkan web/blog miliknya untuk dipasang script iklan Adsense. Iklan yang muncul akan disesuaikan dengan topik halaman. Berikut ini adalah salah satu contoh dashboard akun adsense:

screen shoot pernghasilan adsense
Dashboard akun Google Adsense

3. Affiliate Marketing

menjadi affiliate marketer online


Affiliate marketing adalah salah satu model bisnis online yang banyak diminati oleh para internet marketer. Sebenarnya model bisnis seperti ini dari dulu sudah ada, hanya saja namanya yang sekarang tampak lebih keren. Padahal disadari atau tidak, dari dulu aktifitas bisnis seperti ini sudah ada yang disebut bisnis makelar atau perantara. Bedanya affiliate marketing itu bekerjanya di dunia internet/online sehingga bisa saja disebut makelar online.

Seorang affiliate marketing hanya perlu menyebarkan link-link affiliasi yang berisi penjualan produk orang lain. Apabila ada pembeli yang belanja melalui perantara link Anda, maka saat transaksi dilakukan Anda akan mendapatkan komisi dari pihak penjual.

Anda bisa memulai menjadi seorang affiliate marketer karena cara kerjanya yang cukup mudah. Cobalah untuk mendaftar menjadi affiliate marketing Indonesia seperti Zalora, Lazada dan YukBisnis

4. Pay Per Lead (PPL)



Pay per lead adalah bagian dari affiliate marketing. Mengikuti program affiliate pay per lead ini sangat mudah dilakukan, Anda hanya perlu mendaftar sebagai member. Anda akan mendapatkan penghasilan/komisi di program ini apabila berhasil mengajak seorang prospek/lead melaui link affiliasi kita untuk sekedar mengisi form dengan nama dan email, bentuknya seperti formulir di bawah ini.

form pay per lead

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Setelah Anda memahami peta konsep mendapatkan uang dari internet melalui penjelasan diatas, sekarang saatnya bagi Anda untuk menentukan strategi yang tepat dan sesuai dengan Anda. Perlu diketahui bahwa Anda tidak harus menguasai semuanya, melainkan cukup memilih satu point dari internet sumber promosi, kemudian mengawinkannya dengan satu poin dari internet sebagai sumber pendapatan.

Kedua fungsi internet marketing itu tidak bisa Anda abaikan. Jangan hanya sibuk mengurusi SEO sedangkan lupa dengan sumber pendapatan, karena SEO hanyalah bagian dari sumber promosi. Misalnya Anda memilih untuk menjual produk sendiri sebagai sumber pendapatan, dan memilih iklan adwords sebagai sumber promosi. Pada tahap ini, sangat diperlukan kreatifitas dalam memadukan kedua sumber. 

Satu pesan saya untuk Anda, tidak ada sesuatu yang instant. Semua membutuhkan perjuangan secara konsisten. Semoga berhasil!