4 Kesalahan Menulis Deskripsi Produk

menulis deskripsi sesuai SEO


Toko online yang sudah berbasis website memiliki keuntungan tersendiri daripada Anda membuka toko online di marketplace atau forum-forum jual beli lainnya. Namun ada banyak orang yang sudah memiliki toko online yang justru tidak memanfaatkan keuntungan tersebut terutama dalam penulisan deskripsi produk. Berikut ini adalah 4 kesalahan menulis deskripsi produk yang harus Anda hindari.

1. Copy Paste

Ini adalah kesalahan yang paling umum terjadi. Pemilik toko online hanya mengcopy paste deskripsi produk dari pabrik. Tidak ada sentuhan originalitas akan membuat pengunjung toko online menjadi ragu terhadap keseriusan Anda dalam menjual.

2. Terlalu Sedikit atau Banyak

Deskripsi produk yang baik adalah yang padat. Ingat, padat bukan berarti sedikit. Usahakan Anda menulis deskripsi produk yang jelas dan rinci, jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Langsung pada tujuan, gunakan kalimat yang mudah dimengerti orang pada umumnya. Hindari penggunaan istilah-istilah yang belum tentu semua orang paham.

3. Tidak Menggugah Emosi Pembaca

Kemampuan menulis yang dapat menggugah emosi memang bukan suatu hal yang mudah. Perlu latihan berulang kali agar Anda terbiasa melakukannya. Tambahkan sentuhan copywriting saat menulis deskripsi. Copywriting adalah teknik penulisan iklan yang dapat menghipnotis pembaca agar melakukan apa yang Anda inginkan. Sebagai referensi untuk Anda bagaimana menulis deskripsi produk yang baik, silahkan baca artikel 5 Kata Penting Penulisan Iklan untuk Mencuri Hati Pembeli

4. Tidak Memperhatikan Kaidah SEO

Search Engine Optimizing atau lebih sering disebut SEO sangat penting diterapkan saat menulis deskripsi produk. Sesuaikan penulisan dengan kata kunci yang ditargetkan. Misalnya Anda menjual sepatu pria, maka bisa Anda pilih kata kunci "sepatu pria termurah" sebagai kata kunci utama. Deskripsi produk yang memperhatikan teknik SEO akan lebih mudah diindeks oleh mesin pencari di halaman teratas, dan tentu saja ini akan lebih mudah juga ditemukan oleh calon pembeli. Untuk point ke 4 mengenai Kaidah SEO akan saya jelaskan lebih detail lagi pada artikel selanjutnya yang berjudul Cara Menulis Artikel SEO Friendly 2015