5 Kiat Memilih Nama Perusahaan Anda

ide membuat nama cv atau pt

Ketika bisnis sudah berkembang, kebutuhan akan legalitas menjadi satu hal yang harus dipertimbangkan oleh seorang pebisnis. Legalitas perusahaan biasanya bisa berupa UD, PD, CV atau bahkan PT. Ketika Anda akan membuat salah satu dari badan usaha tadi, hal pertama yang harus dipikirkan adalah nama perusahaan. Tapi mungkin Anda bingung ketika akan menentukan nama perusahaan yang akan di daftarkan kepada notaris.

Memilih nama perusahaan memang gampang-gampang susah. Biasanya seorang pendiri akan memilih nama berdasarkan bidang bisnis, nama pendiri, atau nama lain yang memiliki filosofi tersendiri bagi si pendiri. Memang tidak ada aturan baku mengenai nama perusahaan, yang penting nama tersebut tidak mengandung makna negatif.

Kita lihat saja bagaimana steve jobs memilih nama Apple sebagai nama perusahaan yang didirikannya. Steve jobs memang seorang vegetarian, dan apple adalah buah favoritnya. Padahal jika dikaitkan dengan bidang bisnis perusahaannya, ini sama sekali tidak nyambung. Apple adalah nama buah-buahan, sedangkan bisnis Apple sendiri di bidang teknologi.

Lalu apa yang bisa dijadikan ide dalam memilih nama perusahaan? Jika Anda masih bingung, 5 kiat memilih nama perusahaan berikut ini mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda.

  1. Pilihlah nama perusahaan yang mudah diingat orang
  2. Nama perusahaan Anda sebaiknya mudah untuk diucapkan atau mudah dituliskan. Jika target perusahaan anda adalah berskala internasional, maka bisa juga Anda pilih nama dalam bahasa Inggris
  3. Nama perusahaan yang anda pilih masih tersedia, artinya belum digunakan oleh orang lain dan tidak memiliki kemiripan dengan nama perusahaan lain. Untuk mengetahui ketersediaan nama tersebut, anda bisa cari lewat mesin pencari di internet dan juga mengunjungi situs Disperindag serta Dirjen HAKI.
  4. Nama perusahaan tidak bertentangan dengan undang-undang dan tidak memiliki kesan yang buruk (berbahasa negatif)
  5. Nama perusahaan hendaknya berbeda dari yang lain, sehingga memiliki impresi yang kuat bagi orang yang mendengar atau mengucapkannya
5 Kiat diatas semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin menentukan nama perusahaan. Memilih nama yang sesuai dengan pemahaman filosofi Anda tentu saja akan lebih membuat Anda bersemangat dalam menjalankan bisnis perusahaan. Karena Anda mengerti betul dengan nilai-nilai yang terkandung dalam bisnis Anda.