3 Faktor yang Dapat Meningkatkan Kinerja Karyawan Selain Uang

cara memotivasi kerja karyawan

Karyawan memiliki peranyang sangat penting dalam perjalanan bisnis Anda. Karyawan bukanlah pembantu bisnis Anda akan tetapi sudah menjadi bagian dari aset bisnis yang harus terus dipelihara.

Apabila Anda ingin potensi karyawan tercurah optimal saat bekerja, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memberikan apa yang menjadi hak mereka setepat mungkin jangan sampai telat. Bayarkan gaji sesuai dengan beban kerja mereka. Jika ada pekerjaan yang mengharuskan lembur, berikan upah lembur yang seimbang. Ketepatan dan perhatian Anda terhadap karyawan akan membuat ikatan internal yang solid antara karyawan dan pihak manajemen.

Sebagai seorang pengusaha, perlu Anda tahu bahwa perilaku karyawan dapat diubah melalui penguatan positif, sehingga karyawan akan merasa bahagia jika ia dianggap mampu berkinerja tinggi. Ketika Anda memberi umpan balik yang tepat untuk rekan kerja Anda, Anda dapat mengubah kualitas hidup mereka. Kemampuan memotivasi karyawan adalah salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha.

Untuk memotivasi karyawan bukan hanya dengan uang, tapi juga support secara emosional. Banyak perusahaan yang tidak memperhatikan faktor emosional, sehingga keterikatan secara emosional antara karyawan dan manajemen menjadi rapuh dan akhirnya dapat mengganggu stabilitas bisnis Anda.

Menurut Dan Pink, ada tiga faktor yang bisa meningkatkan performa karyawan selain uang, yaitu:

1. Otonomi

Setiap orang memiliki keinginan untuk menjadi dirinya sendiri. Manajemen yang mengesampingkan keinginan itu dan memperlakukan karyawan seperti robot merupakan tindakan yang akan mengkerdilkan identitas diri dalam diri mereka.

Anda hanya perlu menyampaikan point-point apa saja yang harus dikerjakan oleh karyawan. Selanjutnya biarkan kreatifitas mereka muncul dalam menyelesaikan pekerjaan. Buatlah mereka bangga dengan hasil kerjanya. Jangan sampai mereka bekerja keras hanya sebatas mengikuti perintah Anda sebagai pemilik bisnis.

2. Menjadi Ahli dan Professional

Setiap orang ini ingin mendapatkan yang lebih baik atas hasil yang mereka kerjakan. Mengatasi tantangan atau mencari solusi untuk suatu masalah dapat memotivasi karyawan untuk berfikir kreatif dan fokus terhadpa solusi. Selain itu akan membuat skill yang dimilikinya semakin terasah dan akan terus terlatih hingga ia mencapai level professional dalam bekerja.

3. Bangunkan Cita-cita

Mungkin hal yang paling memotivasi untuk karyawan adalah menumbuhkan rasa satu cita-cita atas hidupnya dan cita-cita perusahaan. Cobalah untuk utarakan dengan jelas visi dan misi perusahaan. Katakan kepada mereka, bahwa visi itu merupakan cita-cita bersama yang harus diwujudkan melalui kerjasama yang baik antar setiap elemen.