Begini Cara Agar Bisnis Anda Berbeda Dari Pesaing


Sudah menjalankan bisnis tapi mendapatkan respon pelanggan sangat sulit?

Ingin bisnis Anda berbeda dari pesaing?
Sehingga pelanggan lebih tertarik untuk menggunakan layanan dan produk Anda.

Ide bisnis boleh saja datang dari orang lain. Akan tetapi, seorang entrepreneur yang sebenarnya pasti tidak akan meniru bulat-bulat ide bisnis orang lain untuk dijalankan. Seorang entrepreneur dituntut untuk lebih kreatif terhadap ide bisnis. Membuat satu pembeda yang akan mendiferensiasi bisnis Anda dengan bisnis orang lain akan memberikan keuntungan jangka panjang terhadap ketahanan bisnis Anda.

Misalnya saja saat ini sedang sangat populer bisnis reseller dropship online. Lalu kemudian Anda memutuskan juga untuk menjadi reseller seperti yang ribuan orang lainnya sudah lakukan. Nah, dari ribuan reseller tersebut kira-kira adakah perbedaan bisnis reseller Anda dengan pelaku lainnya?

Perlu Anda ingat, jika layanan Anda tidak berbeda dari lainnya, jangan berharap terlalu banyak bisnis reseller Anda akan menjadi pilihan banyak orang. Jika produk Anda tidak berbeda dari produk seribu pesaing tadi, maka jangan berharap produk Anda akan membuat orang lain tertarik.

Lalu bagaimana cara membuat bisnis Anda berbeda dengan orang lain?

Saya beri tahu 5 hal yang bisa membuat Anda berbeda dengan yang lainnya. Silahkan lanjutkan untuk membaca, jika ada bagian yang belum dipahami ulangi untuk membacanya kembali sampai benar-benar mengerti.

1. Pembeda Produk

Apa pembeda produk Anda dengan produk yang lain, pembeda yang dimaksud disini bisa meliputi dalam hal ukuran, bahan, ketahanan,  kesesuaian serta kemudahan untuk perawatan.

Dalam membedakan produk dari yang tadi saya tuliskan diatas, bisa juga Anda membedakan berdasarkan kategori yang masih sangat sedikit pesaingnya. Misalnya di sekitar Anda saat ini hampir semua reseller dropship menjual produk fashion. Maka bisa saja Anda memilih untuk menjual perabot rumah tangga modern.

2. Pembeda Harga

Ada tipe konsumen yang value oriented, mereka tidak menjadikan harga murah sebagai satu-satunya hal yang mempengaruhi untuk membeli atau tidak. Jadikan produk anda berbeda bukan karena harga yang murah, tapi karena mempunyai kualitas yang sebanding bahkan lebih dengan harga.

Selain membidik harga yang sesuai dengan kualitas, dalam mencari pembeda bisa juga Anda membandrol dengan angka unik untuk setiap produk. Misalnya setiap produk yang Anda jual selalu mengandung angka 99. Jika harga jual produk Anda adalah Rp 200.000, maka Anda bandrol dengan harga Rp 199.000. Jika harga jual produk Anda Rp 500.000 maka Anda bandrol Rp 499.000.

3. Pembeda SDM

SDM disini bisa juga dikatakan karyawan. Keadaan karyawan Anda akan secara langsung mencerminkan keadaan bisnis Anda. Jika ada karyawan yang tidak baik maka akan merusak citra bisnis Anda. Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan atas kinerja karyawan diantaranya ketaatan terhadap SOP (Stadar Operasional dan Prosedur), skill, attitude (sikap), kredibilitas dan juga kemampuan membangun komunikasi dengan pelanggan.

Berikan motivasi secara berkala, bisa sebulan sekali atau per triwulan. Agar motivasi kerja karyawan terus terpelihara dan berkembang. Selain itu untuk menghindari kejenuhan dari rutinitas kerja sehari-hari.

4. Pembeda Saluran Distribusi

Mungkin masih melekat dikepala kita tentang keripik fenomenal maicih dengan model distribusi melalui para jendralnya di lokasi tertentu, nah  diferensiasi seperti itu terbukti bisa menimbulkan rasa penasaran bagi calon konsumen. Contoh lainnya bisa melalui layanan `delivery service` yang diterapkan. Lebih Josss lagi jika Anda sanggup memberikan layanan gratis ongkos kirim.

5. Pembeda Layanan

Reseller dropship pada dasarnya adalah penjual jasa. Ya! Jasa menghubungkan pelanggan kepada supplier. Oleh karena itu pelayanan masih menjadi faktor utama yang harus selalu dikedepankan. Layanan yang baik, cepat dan tepat akan memberikan kesan yang mendalam bagi pelanggan dan akan membangun kredibilitas `brand` Anda di mata pelanggan.