5 Strategi Meroketkan Penjualan Toko Online Anda

strategi penjualan dan promosi toko online
Strategi Penjualan untuk Toko Online


Saat ini banyak sekali toko online bermunculan seiring dengan semakin meluasnya penggunaan internet oleh masyarakat seluruh kalangan. Akan tetapi banyak pengusaha toko online yang mengeluhkan begitu sulitnya untuk menjual melalui internet.

Akibatnya, penjualan dari waktu ke waktu terus merosot. Dan tak sedikit juga yang akhirnya memilih untuk tidak melanjutkan usaha toko onlinenya dan memutuskan untuk menjual secara konvensional (offline). Tentu Anda tidak mau mengalami hal itu kan?

Saya yakin bahwa tidak ada masalah yang tidak memiliki jalan keluarnya di dunia ini. Nah.. apakah Anda mau tau bagaimana strategi penjualan toko online?

Silahkan siapkan segelas teh atau kopi, kemudian lanjutkan untuk membaca secara perlahan, jangan terburu-buru agar inti dari setiap paragraf bisa Anda pahami.


1. Buat Target Minimal dan Optimal


Hal pertama yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja bisnis adalah menetapkan target penjualan. Target penjualan ini akan menjadi motivasi bagi Anda untuk meningkatkan kinerja dan kedisiplinan dalam menerapkan strategi.

Buatlah target yang diatas kemampuan Anda secara signifikan. Karena apabila target yang Anda tentukan kecil, tentu akan berpengaruh juga terhadap keuletan Anda dalam berbisnis.


Target ini bisa saya kategorikan menjadi dua, target minimal dan target optimal.

Target minimal adalah target penjualan yang harus dicapai agar bisnis Anda bisa tetap hidup. Dalam menentukan target, bisa berupa nilai omset atau berupa kuantiti penjualan. Misalnya kebutuhan operasional bisnis Anda dalam sebulan membutuhkan biaya 5 juta. Nah, itu harus menjadi target minimal. Jika tidak tercapai berarti bulan depan bisnis Anda memasuki masa krisis.

Sedangkan target optimal adalah target yang melebihi target minimal. Dalam menentukan target ini bisa juga menjadikan target minimal tadi sebagai acuan. Target optimal harus 50% lebih besar dari target minimal.

Ini yang terpenting, mohon disimak dengan seksama.

Setelah Anda mendapatkan angka untuk kedua target tadi, langkah selanjutnya adalah menutup angka target minimal dan fokuslah kepada target optimal. Itu yang harus Anda perjuangkan dengan keras. Karena jika Anda membidik target optimal secara otomatis target minimal pun termasuk menjadi bagiannya.

Mungkin sempat terlintas di pikiran Anda seperti ini "Ah kalau begitu sudah saja, buat hanya satu target yaitu target optimal"

Jadi begini, ketika Anda mengetahui target minimal ini akan menjaga usia bisnis Anda agar lebih panjang. Dan juga, target minimal akan menjadi acuan penting dalam membuat target optimal seperti yang tadi dijelaskan. Tercapai atau tidaknya target optimal, setidaknya bisnis Anda masih bisa bernafas dan tetap sehat.

Kalau kata pak Tung Desem Waringin, bermimpilah setinggi bintang di langit. Ketika tidak tercapai pun setidaknya Anda tidak berlumuran lumpur.

2. Promosi Tertarget


Banyak para pelaku bisnis yang kerap melakukan kesalahan dalam promosi. Kesalahannya yaitu tidak efektifnya aktivitas promosi karena tidak tertarget kepada pangsa pasar.

Lantas bagaimana cara menargetkan promosi?

Kenali dulu produk Anda, coba analisis kalangan seperti apa yang banyak membutuhkannya? Kemudian cari komunitas yang sesuai tawarkan kepada mereka produk yang Anda jual. Komunitas ini bisa dengan mudah Anda cari di group facebook. Bergabunglah dengan group yang sesuai dengan pangsa pasar Anda, kemudian tawarkan kepada mereka produk yang Anda jual.

Misalnya Anda menjual sepatu futsal, maka cari group facebook tentang futsal. Dengan begitu peluang mereka untuk membeli produk Anda akan lebih besar. Untuk memahami lebih dalam mengenai promosi efektif, silahkan baca artikel sebelumnya 5 langkah promosi efektif.

3. Utamakan Pelayanan Bukan Penjualan


Inti dari bisnis pada akhirnya memang melakukan penjualan seluas-luasnya dan sebanyak mungkin. Akan tetapi jangan sampai Anda keliru, mengutamakan penjualan dengan mengabaikan pelayanan. Anda harus ingat bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang mengutamakan pelayanan. Terkadang faktor kualitas produk bukan satu-satunya alasan penentu bagi konsumen untuk mau membeli atau menggunakan produk Anda. Pelayanan yang ramah dan menyenangkan sangat mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli.

Lalu bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik?

Kuncinya sangat sederhana. Jalankan prinsip melayani konsumen sebagaimana kita ingin dilayani oleh orang lain. Sapaan personal membuat konsumen merasa dekat dengan kita. Dan mereka pun akan cepat respect terhadap apa yang kita tawarkan.

Dan jangan lupakan pelayanan purna jual atau sering juga disebut dengan after sales service. Bagaimana cara melakukan after sales service? Sejauh apa manfaat dari after sales service? Silahkan Anda baca pada artikel sebelumnya yang berjudul Tingkatkan Loyalitas Konsumen dengan After Sales Service.

4. Jelaskan Manfaat dan Keunggulan


Banyak para sales yang menjual produk dengan hanya menjelaskan seputar kondisi produk secara langsung. Sebenarnya cara seperti itu tidak salah. Akan tetapi ada hal lain yang perlu dikedepankan. Yaitu mengenai manfaat produk yang Anda tawarkan dan keunggulannya dibanding dengan produk dari pesaing.

Apalagi dalam jual beli online antara pembeli dan penjual tidak bertatap muka langsung. Bahkan produk yang akan diperjualbelikan pun hanya berupa foto dan deskripsi saja. Calon konsumen tidak bisa melihat, menyentuh dan mencoba produk Anda sebelum membeli.

Apabila Anda sudah dapat menjelaskan manfaat dan keunggulannya, biarkan konsumen yang menentukan apakah mereka membutuhkan atau tidak. Jika butuh, mereka akan bertanya lebih jauh lagi mengenai cara pemesanan dan pembayaran. Namun jika tidak, bisa jadi mereka akan menunda untuk membeli pada saat itu dan akan menghubungi Anda ketika membutuhkan dikemudian hari.

5. Targetkan Kepuasan


Menjual bukan semata memberikan barang kepada konsumen, lalu Anda mendapatkan uang. Menjual harus memberikan solusi terhadap apa yang konsumen butuhkan. Bantulah konsumen untuk membeli produk Anda, bukan sekedar menjual. Setelah mereka membeli produk Anda, tanyakan apakah barang tersebut sesuai dengan keinginannya atau tidak.

Jika kebutuhan mereka terpenuhi oleh produk yang Anda jual, konsumen akan merasa puas terhadap kualitas produk. Terlebih lagi terhadap pelayanan Anda yang membuat mereka merasa aman bertransaksi dengan Anda.

Kepuasan pelanggan sangat berharga bagi penginkatan reputasi bisnis. Konsumen yang puas dengan sukarela akan mempromosikan produk Anda kepada teman atau saudara mereka.

Semoga dengan artikel 5 Strategi Penjualan Toko Online ini akan memberikan inspirasi bagi bisnis online Anda. Peningkatan usaha bukan semata ditentukan oleh seberapa luas wawasan Anda terhadap bisnis yang sedang dijalankan. AKan tetapi ditentukan juga oleh seberapa cepat dan tepat strategi yang Anda gunakan. Oke, selamat mencoba!