4 Teknik CLOSING Jualan Online

cara mudah menjual produk melalui bbm
Teknik Closing Dalam Jual Beli Online

Bagi Anda yang menjual produk secara online mungkin pernah mengalami dua hal dibawah ini.

1. Merasa kesulitan saat melayani konsumen?
2. Sudah ngobrol panjang lebar tapi tak terjadi CLOSING?

Suatu penjualan dikatakan CLOSING ketika seorang pembeli melakukan transaksi pembayaran kepada penjual. Momen ini tentu saja menjadi tujuan utama yang diinginkan Anda sebagai penjual online. Karena apalah artinya promosi dan produk yang berkualitas jika pada saat melayani konsumen tidak terjadi closing.

Lalu bagaimana cara agar proses closing itu terjadi?

Mungkin Anda mengira bahwa dengan memberikan penjelasan detail terhadap deskripsi produk yang dijualnya akan membuat calon konsumen tertarik untuk membeli. Padahal panjangnya penjelasan Anda tidak akan membuat konsumen percaya begitu saja. Terlebih lagi antara Anda dan calon konsumen tidak saling mengenal dan tidak bertatap muka secara langsung.

Penjelasan mengenai deskripsi produk secara real memang harus dipersiapkan oleh Anda untuk menghadapi pertanyaan calon konsumen. Namun jangan langsung menjelaskan tentang hal itu karena akan membuat calon konsumen jenuh. Lakukan komunikasi dua arah, hindari CERAMAH tentang produk Anda.

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah memberikan EMPATI dan menciptakan suasana nyaman bagi mereka ketika berkomunikasi dengan Anda. Anda harus terlebih dahulu BERTANYA dan MENDENGARKAN mengenai kebutuhan calon konsumen. Jawab satu persatu pertanyaannya dengan singkat dan jelas. Pastikan bahwa penjelasan Anda telah menjawab pertanyaan mereka.

Anda harus menjalin HUBUNGAN BAIK dengan konsumen. Karena seringkali faktor yang menyebabkan closing bukan semata karena kualitas produk Anda yang super baik. Tapi juga karena terciptanya hubungan erat antara Anda dengan konsumen.

4 Tips Agar Tidak Gagal Closing

Jika kita simpulkan, setidaknya ada 4 hal yang bisa Anda lakukan agar terjadi CLOSING penjualan, sebagai berikut.

1. Mulailah belajar membangun empati kepada calon konsumen.
2. Cari tahu kebutuhan mereka dengan cara bertanya.
3. Kemudian dengarkan apa yang menjadi problem mereka saat ini.
4. Tawarkan produk Anda sebagai solusi atas kebutuhan mereka.

Semakin Anda dekat dengan calon customer Anda, semakin besar peluang closing yang akan terjadi. Selamat mencoba, dan jangan lupa berikan komentar atau pengalaman Anda melalui kolom komentar dibawah ini.

sumber: http://portalpengusaha.com/marketing/kenapa-anda-gagal-closing