Mana yang Lebih Utama, Kualitas atau Kuantitas

pilih kuantitas atau kualitas

Setiap pedagang tentu menginginkan adanya permintaan produk atau jasa usahanya yang terus meningkat setiap bulan. Tak terkecuali dalam jual beli online, terlepas dari peran Anda sebagai supplier maupun reseller pasti menginginkan kuantitas yang terus bertambah.

Ketika kita berbicara mengenai kuantitas, sangat erat kaitannya dengan kualitas. Seorang penjual tentu sangat sulit jika harus mengejar kuantitas di masa-masa awal menjalani usahanya. Terlebih lagi jika usaha kita berbentuk online, transaksi jual beli antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Bagi penjual yang masih belum memiliki reputasi "terpercaya" harus siap dengan berbagai keraguan bahkan kecurigaan calon pembeli. Faktor kepercayaan sangat menentukan kesuksesan jual beli online.

Kualitas produk terbaik akan membuat pembeli merasa puas dengan apa yang telah dibelinya dari Anda, tidak menutup kemungkinan ketika suatu hari dia membutuhkan produk atau jasa yang serupa akan kembali membelinya dari Anda karena dia sudah membuktikan mutu dari produk dan layanan Anda. Lalu kemudian pembeli itu akan menjadi pelanggan tetap Anda.

Dengan tetap mempertahankan kualitas pelayanan dan produk yang Anda jual bukan hal yang mustahil perlahan-lahan pelanggan tetap akan bertambah banyak. Dengan begitu, target kuantitas penjualan yang diinginkan bisa diperkirakan setiap bulannya. Setelah dalam fase ini, mulailah untuk rutin meningkatkan kuantitas penjualan.

Jadi kesimpulannya, kuantitas akan mengikuti kualitas. Dengan kata lain, jika Anda menginginkan kuantitas penjualan bertambah maka mulailah dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan mutu produk yang Anda tawarkan.

Jika Anda adalah seorang produsen/supplier tingkatkan kualitas produk yang dijual atau minimal mempertahankannya jangan sampai menurun dan membuat pelanggan tetap jadi kabur. Tapi jika Anda adalah reseller, tingkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen seperti fast respon, ramah dan santun, serta komunikatif.
"quality is more important than quantity. One home run is much better than two doubles" ~ STEVE jOBS