3 Hal Ini Menumbuhkan Loyalitas Konsumen Toko Online Anda Secara Drastis

Meningkatkan Loyalias Konsumen Toko Online

Mau punya konsumen loyal?

Mau terjadi peningkatan terhadap repeat order?


Jika iya, maka saya ucapkan selamat kepada Anda. Karena dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa hal yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen toko online Anda. Silahkan lanjutkan untuk membacanya secara cermat. Jika ada bagian yang belum dipahami, ulangi kembali sampai Anda benar-benar memahami keseluruhan isi dari artikel ini.

Let's start now!

Semakin banyaknya toko online bermunculan mempengaruhi perilaku konsumen terhadap toko online Anda. Persaingan harga dan pelayanan terbaik tentu akan menjadi faktor penentu bagi mereka ketika membeli produk Anda pertama kali, apakah dia akan membeli lagi dikemudian hari atau cukup hanya sekali dan terakhir.

Jika Anda memiliki toko offline, pelayanan ramah mudah sekali untuk dipraktekkan. Pasang senyum ketika ada calon konsumen mengunjungi toko, suguhkan minuman, tawarkan bantuan untuk memilih produk dan berikan penjelasan mengenai kualitas. Namun bagaimana jika Anda adalah pemilik toko online yang sudah dipastikan tidak bisa bertatapan muka dan berbicara langsung dengan calon konsumen?


1. Pembeli Membutuhkan Solusi


Seorang pembeli pada dasarnya membutuhkan solusi dari seorang penjual. Misalnya pembeli menginginkan sepatu casual terbaru, ini berarti dia sedang memiliki problem untuk menemukan produk yang bisa memenuhi keinginannya. Nah, tugas seorang penjual adalah memberikan solusi kepada mereka. Tawarkan produk yang sesuai dengan kriteria calon konsumen Anda. Berikan beberapa alternatif dengan penjelasan singkat mengenai produk yang Anda tawarkan.

Ingat, berikan solusi terbaik sebisa mungkin. Jangan sampai setelah belanja di toko online Anda si konsumen malah mendapatkan masalah baru. Ini bisa berakibat terhadap tidak terjadinya repeat order oleh konsumen yang pernah membeli produk Anda.

2. Jangan Sekedar Mengantarkan Produk


Kebanyakan toko online di Indonesia masih menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengantarkan produk kepada konsumen. Toko online yang baik adalah yang mampu mengantarkan nilai dari satu produk yang dibeli bukan sekedar mengantarkan produk secara fisik saja. Nilai yang dimaksud adalah "kepuasan". Buatlah pelanggan puas, baik itu dalam segi pelayanan maupun kualitas produk yang Anda jual.

Ketahuilah bahwa mengirimkan produk bukan berarti secara otomatis terkirimnya nilai kepada mereka. Melakukan "after sales service" bisa menjadi salah satu upaya dalam memberikan nilai. Ketika produk sudah sampai ditangan konsumen, tanyakanlah mengenai pendapatnya. Apakah produk tersebut sesuai dengan keinginan atau tidak.

3. Garansi Membuat Nyaman


Kebutuhan akan rasa aman secara naluriah sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan seseorang. Banyak sekali terjadi penipuan dalam transaksi jual beli online mengharuskan Anda memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen dengan cara memberikan garansi. Anda bisa menjamin bahwa uang akan kembali 100% jika produk yang dibeli tidak sampai kepada konsumen.

Dengan adanya garansi, akan membuat mereka merasa aman dan nyaman untuk melakukan transaksi jual beli dengan Anda. Sehingga bukan suatu hal yang mustahil mereka akan menjadi konsumen loyal karena sudah membuktikan kualitas dan pelayanan terbaik dari toko online Anda.

Dengan memperhatikan 3 hal diatas, loyalitas konsumen yang melakukan repeat order akan terus bertambah secara drastis. Cobalah untuk menerapkannya dalam melayani konsumen toko online Anda. Jika berhasil, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lain. Namun jika gagal, Anda bisa berkonsultasi dengan saya melalui twitter atau kolom komentar dibawah artikel ini.

Salam,

Onino