Bahaya Menunda Terhadap Kesuksesan Bisnis dan Karir Anda


Dampak Menunda Pekerjaan Terhadap Bisnis dan Karir

Sulit menembus goal dalam pekerjaan atau bisnis?

Target seringkali tidak tercapai?

Hidup Anda stagnan bahkan stuck?


Jika ketiga hal diatas sedang dirasakan oleh Anda, sepertinya hal pertama yang harus dilakukan adalah introspeksi diri. Anda harus jujur dan terbuka dalam menganalisa kepribadian dan kebiasaan Anda selama ini. Jika dibiarkan berlarut-larut sudah tentu akan merugikan orang lain yang berkerjasama dengan Anda dan akhirnya merugikan diri Anda sendiri .

Saya dan orang lain diluar sana pernah mengalami keadaan yang serupa dengan Anda. Target dan goal bisnis menjadi satu hal yang sulit untuk diraih, sehingga prestasi hidup kita jalan ditempat dan ini membuat kondisi kita menjadi otomatis mundur karena orang lain disekitar Anda terus bergerak maju.

Pada saat saya mengalami hal tersebut, tak jarang sering dihinggapi perasaan pesmis dan jenuh dalam melanjutkan perjuangan meraih cita-cita hidup yang mulia. Setelah saya konsultasikan kepada beberapa orang sahabat yang sudah lebih dulu sukses, dan saya membaca referensi dari internet dan buku tentang motivasi dan pengembangan diri akhirnya saya menyimpulkan bahwa kondisi stuck yang sedang saya alami berakibat dari satu hal sepele, yaitu sering menunda-nunda pekerjaan.

Saya teringat kepada pesan orang tua saya, Drs H.M Sulaeman Nawawi yang selalu berpesan kepada saya sewaktu masih kecil untuk menyegerakan pekerjaan, jangan menunda besok. Karena besok akan ada lagi pekerjaan baru yang harus kita selesaikan.

Satu detik menunda, tak terasa sudah satu jam waktu berjalan. Waktu pun berlalu begitu cepat, hari demi hari berganti minggu, berganti bulan. Satu detik pekerjaan yang kita tunda akhirnya membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan bertahun-tahun untuk kita selesaikan. Anda sudah melewatkan detik-detik berharga dalam hidup ini.

Bahaya menunda pekerjaan bukan sebatas kepada satu tugas yang tidak terselesaikan. Tapi berdampak kepada sikap mental kita. Bayangkan jika kebiasaan menunda-nunda sudah berlangsung selama beberapa tahun ini berarti sudah melekat menjadi kebiasaan dan membentuk watak pribadi Anda.

Pada kehidupan jangka panjang, kebiasaan menunda akan merusak karir dan bisnis Anda. Awalnya memang nampak seperti suatu hal sepele, sering kali kita mengatakan "besok saja" atau "nanti saja" namun akhirnya terbengkalai. Produktivitas Anda menurun, akan sangat mempengaruhi karir dan dan menghambat percepatan sukses Anda. Penting, harap digaris bawahi "satu detik menunda satu pekerjaan bisa jadi tidak akan terlaksana untuk selamanya"

Percayalah, sehebat apapun skill Anda, setinggi apapun pendidikan Anda. Mustahil Anda bisa menahan waktu.

Jadi masih mau menunda pekerjaan?

Lalu bagaimana cara Anda untuk mengubah kebiasaan itu yang sudah terlanjur ada pada diri Anda? Tunggu tips dari saya pada artikel selanjutnya.