Apa yang Dimaksud Dengan TPID?

Add caption

Pada acara debat presiden putaran kedua, pada sesi tanya-jawab, Jokowi bertanya kepada Prabowo tentang bagaimana gagasan Prabowo untuk meningkatkan peran TPID di daerah. Pertanyaan ini membuat bingung Capres nomor urut satu, karena tidak tahu kepanjangan dari TPID.

"Singkatan TPID itu apa?" secara jujur, Prabowo meminta penjelasan kepada Jokowi saat acara debat capres di Hotel Gran Melia Jakarta, Minggu (15/6)

Kemudian Jokowi memaparkan bahwa TPID adalah Tim Pemantau dan Pengendalian Inflasi Daerah. Setelah mendapatkan keterangan ini, Prabowo memahami pertanyaan dari rivalnya tersebut. Secara singkat dan tepat, Prabowo menjelaskan bahwa perihal TPID itu akan dikembalikan kepada kewenangan kepala daerah masing-masing.

Menurut Irfan, seorang praktisi Ekonomi Islam berpendapat melalui akun twitternya @irfan_beik bahwa jawaban Prabowo tersebut sudah tepat. Mengingat Tim Pengendalian Inflasi (TPI) dibentuk berdasarkan SKB Gubernur BI dan Menteri keuangan. Untuk TPID, itu kewenangan daerah, SK yang dikeluarkan pun berasal dari kepala daerah.

Salah seorang tim Penasihat dari kubu Prabowo-Hatta, Priyo Budi Santoso memaparkan bahwa penampilan Prabowo dalam debat capres putaran dua kali ini lebih unggul ketimbang Jokowi. Menurutnya, Prabowo lebih menguasai materi debat soal ekonomi dan kesejahteraan sosial.

"Debat capres kali ini telah pecah telor, skor 1-0 untuk Prabowo. Jokowi agak keteteran dan terlalu mikro serta teknis," kata Priyo melalui pesan singkat, Selasa (15/6).