7 Cara Membangun Merk Bisnis Melalui Twitter

meningkatkan penjualan melalui twitter
Cara Membangun Merk Bisnis Melalui Twitter

Saat ini banyak sekali pengusaha UKM maupun corporate yang memanfaatkan twitter untuk membangun kekuatan merk bisnis agar dikenal oleh banyak orang. Jika kita definiskan merek adalah suatu nama, istilah, simbol, desain, atau kombinasi semuanya yang dapat digunakan untuk mengenali produk dan layanan dari penjual dan sebagai pembeda dari produk sejenisnya.

Bagaimana membangun merk bisnis melalui twitter? 5 langkah berikut ini dapat Anda praktekkan sekarang juga.

1. Buat Header Unik

Bagian pertama yang akan dilihat oleh pengunjung ketika membuka profile twitter Anda adalah gambar header. Buatlah header twitter kreatif dan seunik mungkin dengan pemilihan warna cenderung gelap agar tulisan bio profile twitter bisa terbaca dengan jelas. Contoh header unik bisa Anda lihat dari gambar dibawah ini.

header twitter unik dan kreatif
Header Twitter Kreatif

Agar gambar yang mudah dilihat dari seluruh gadget, ukuran header yang ditekomendasikan adalah:

- Size 1252 pixels x 626 pixels.
- Memiliki lebar lebih dari 700 pixels agar kualitas gambarnya terjaga.
- Memiliki ukuran file dibawah 5MB.

2. Isi Biografi Akun

Tuliskan bio sebagai gambaran informasi bisnis Anda. Selain itu bisa juga untuk menuliskan tagline bisnis Anda. Jangan lupa sertakan nomor kontak atau alamat email yang mudah dihubungi. Menuliskan kata kunci terkait dengan bisnis Anda sangat berguna agar akun Anda mudah ditemukan.

3. Buat Avatar

Avatar akan muncul di timeline twitter follower Anda. Bisa saja menjadikan logo produk sebagai avatar akun twitter bisnis Anda. Carilah inspirasi bagaimana membuat avatar unik agar orang tertarik untuk melihat profile akun twitter bisnis Anda.

4. Ganti Background

Background sangat berguna sekali sebagai media berkomunikasi visual. Jika Anda ingin membuat sendiri gambar yang berkaitan dengan bisnis Anda, saran dimensi ukuran background yang digunakan 1922 pixels x 1201 pixels. Dengan ukuran file tidak melebihi 2MB.

5. Manfaatkan Trending Topic

Trending topic adalah kalimat atau kata yang sering diketikkan oleh pengguna twitter. Trending topic akan berbeda tergantung dari negara dan wilayah. Trending topic ini sifatnya dinamis, akan berubah sesuai dengan trend bahasan di jagat twitter dalam kurun waktu tertentu. Biasanya kita bisa melihat trending topic di bagian sebelah kiri tampilan home twitter.

6. Kultwit Informatif

Kultwit adalah untaian update twit yang dilakukan dalam satu topik pembahasan. Cobalah untuk mengambil satu topik kemudian menceritakannya di twitter. Dalam membuat kultwit bisa juga Anda mengacu pada trending topic yang ada. Anda bisa memberikan kultwit seputar history perjalanan bisnis Anda, atau bisa juga mengangkat tema sosial yang sedang berkembang di masyarakat.

7. Komunikatif

Balas setiap mention yang masuk kepada akun twitter bisnis Anda. Berikan respon yang berkesinambungan. Semakin sering kita berinteraksi dengan follower maka semakin banyak username twitter kita muncul di beranda mereka, dengan begitu akan terlihat oleh follower lainnya.