Manajemen SDM Toko Online

strategi manajemen toko online

Manajemen SDM memiliki peran sangat penting bagi kelangsungan bisnis online Anda. Jika Anda berencana untuk memulai bisnis dengan membuat toko online atau saat ini Anda sudah memilikinya,  artikel berikut ini diharapkan dapat memberikan informasi awal kepada Anda mengenai perangkat SDM apa saja yang harus dipersiapkan berikut dengan gambaran job description masing-masing.

 

Webmaster atau internet marketing

Istilah webmaster sebenarnya masih sangat umum jika dikaitkan dengan kedudukannya dalam manajemen toko online. Webmaster adalah seorang (atau grup) yang bertanggung jawab untuk mengelola website dan menjaganya agar tetap dapat berjalan.

Webmaster disebut juga sebagai administrator, berikut ini adalah point-point utama yang harus dikerjakan oleh seorang webmaster
  1. Membuat dan mengelola website
  2. Mengoptimalkan seo dan iklan
  3. Menjaga sistem keamanan
  4. Kontrol bandwidth hosting
  5. Cek masa aktif domain
  6. Promosi di social media
  7. Update artikel dan informasi terbaru

 

Customer service

Toko online di Indonesia saat ini belum berfungsi sebagai toko online sebenarnya. Karena pada akhirnya toko online fungsinya masih sebatas katalog online saja. Padahal seharusnya, toko online bisa berjalan otomatis. Namun mayoritas konsumen online di Indonesia ketika ingin melakukan pembelian ya ujung-ujungnya harus chat/sms langsung. Nah itulah tugas dari seorang customer service. Melayani pertanyaan pembeli seputar harga, ongkos kirim dan cara transaksi.

 

Administrasi keuangan

Adminsitrasi keuangan bertugas mencatat uang masuk dari konsumen yang sudah melakukan pembayaran kemudian melakukan pengecekkan di rekening bank, selanjutnya membuat data rekap order. Selain itu, admin keuangan juga bertugas mencatat seluruh penggunaan uang tiap harinya seperti operasional, pengeluaran kantor, transportasi dan lain-lain.

 

Bagian gudang

Bagian gudang bertanggung jawab terhadap pencatatan stock barang masuk dan keluar. Memastikan ketersediaan setiap item produk adalah tugas yang harus dilakukan setiap harinya. Apabila stock menipis, segera lakukan penambahan. Jangan sampai kehabisan stock karena kurangnya kontrol dan update terhadap stock.

 

Bagian pengiriman atau kurir

Bagian pengiriman bertugas untuk memastikan barang dalam kualitas baik sebelum proses pengemasan. Melakukan packing dan pemberian label alamat untuk masing-masing paket yang akan dikirim. Setelah itu, membawa paket pesanan ke agen ekspedisi yang telah ditentukan.

Tanpa adanya team dan pembagian kerja, sebenarnya Anda tetap masih bisa menjalankannya sendiri. Akan tetapi, untuk mengembangkan bisnis toko online semakin besar diperlukan satu team yang kompak. Dengan strategi manajemen SDM beserta job desc seperti diatas, diharapkan akan memberikan pelayanan optimal kepada konsumen. Pilihlah tenaga kerja yang sesuai dan sanggup mengerjakan tugas-tugas pokok diatas. Dengan semakin bertambahnya pelanggan loyal, maka akan berdampak pada semakin meningkatnya omset toko online Anda. Selamat mencoba!