5 Langkah Promosi Efektif dan Mudah

5 langkah promosi efektif
5 Langkah Promosi Efektif

Hampir semua bisnis kecil maupun besar membutuhkan promosi untuk meningkatkan omset penjualan. Promosi yang efektif tentu akan memberikan hasil yang signifikan terhadap kemajuan perusahaan. Untuk melakukannya, simak 5 langkah peromosi efektif berikut ini.

1. Tentukan Sasaran

Menentukan sasaran dalam bahasa lain bisa juga dikatakan dengan segmentasi pasar. Dengan ketatnya persaingan, maka menentukan pangsa pasar lebih spesifik akan mengurangi persaingan dengan perusahaan lainnya. Karena jangan sampai budget promosi yang dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil yang dicapai. Penentuan target ini juga dimaksudkan untuk memudahkan tim promosi memilih media yang tepat menuju kepada sasaran.

2. Tujuan Promosi

Tentukan tujuan yang ingin dicapai dari promosi yang dilakukan. Misalnya sosialisasi merk produk (awareness), membangun kepercayaan publik, atau meningkatkan hubungan emosional dengan pelanggan. Karena ketika tujuan itu sudah ditentukan, ini akan mempermudah kita mendesain promosi yang sesuai. Jika bertujuan untuk meningkatkan hubungan emosional dengan pelanggan, perbanyaklah berinteraksi dengan mereka bisa melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

3. Membuat Pesan Menarik

Buatlah pesan yang memancing komunikasi menjadi interaktif. Bahasa promosi tak melulu berisi ajakan untuk membeli produk Anda. Bisa jadi membaur dengan topik terhangat yang sedang dibahas pada saat itu. Agar pesan Anda nampak relevan dan menarik perhatian calon pelanggan untuk berinteraksi. Buatlah dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami oleh pangsa pasar yang Anda bidik.

4. Pilih Media Yang Sesuai

Dalam menentukan media yang akan digunakan untuk kegiatan promosi, ada dua pilihan media yang ada yaitu, melalui media offline dan online. Kedua pilihan tersebut berkaitan erat dengan target pasar dan biaya yang disiapkan.

Contoh media promosi online bisa menggunakan jejaring sosial atau dengan beriklan di website yang sudah memiliki banyak pengunjung. Untuk jejaring sosial mungkin bisa Anda lakukan gratis tanpa biaya. Tapi untuk media iklan di website Anda harus mengeluarkan biaya bulanan atau tahunan tergantung kesepakatan.

Jika Anda memilih media offline maka bisa memasang iklan di koran atau menyebarkan brosur dan pamflet dilokasi yang dianggap strategis dan dekat dengan pangsa pasar yang Anda bidik.

5. Tentukan Anggaran Biaya Promosi

Setelah Anda menentukan media yang akan diambil untuk media promosi, sekarang saatnya Anda menentukan berapa biaya yang dibutuhkan untuk promosi? dan berapa persentase biaya promosi yang ideal dari keuntungan bersih? Biaya promosi harus dihitung diawal agar pencapaian bisa terukur, apakah sebanding atau tidak dengan hasilnya. 

Jika ternyata langkah promosi yang dihasilkan tidak diiringi peningkatan penjualan, maka Anda harus mengevaluasi strateginya. Bisa dari memperkecil lagi segmentasi market atau dengan mengganti media promosi yang ditempuh.