3 Cara Ampuh Ciptakan Loyalitas Konsumen

cara meningkatkan loyalitas pelanggan
Menciptakan Loyalitas Konsumen

Memiliki konsumen atau klien yang loyal tentu menjadi dambaan setiap pebisnis atau pengusaha. Karena mereka adalah market potential yang akan mempengaruhi pemasaran produk Anda menjadi semakin mudah dan meluas. Membangun hubungan yang berkelanjutan dengan konsumen adalah faktor utama yang mempengaruhi loyalitas mereka terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan.

Namun sangat disayangkan, banyak sekali pebisnis yang kurang memperhatikan hal ini. Padahal dengan memiliki konsumen loyal akan memberikan banyak dampak positif terhadap kemajuan perusahaan/UKM Anda. Simak 3 cara menciptakan loyalitas konsumen berikut ini.

1. Tonjolkan Keunggulan Produk

Satu produk yang memiliki keunggulan daripada produk sejenisnya tentu akan lebih banyak dilirik oleh konsumen. Keunggulan ini bisa terdapat pada segi kualitas, kuantitas maupun harga. Anda harus bisa memberikan informasi bahwa produk Anda memiliki kelebihan dibandingkan produk pesaing. Dengan begitu, konsumen akan tertarik untuk menggunakan atau membeli produk yang kita tawarkan.

Apalah artinya kelebihan atau keunggulan produk Anda jika hal ini tidak diketahui oleh konsumen. Memberitahukan tentang keunggulan produk Anda pada dasarnya untuk

2. Lakukan Inovasi

Konsumen akan tertarik kepada prusahaan atau UKM yang secara rutin melakukan inovasi terhadap produk yang mereka tawarkan. Kecenderungan kebutuhan yang terus berubah membuat konsumen akan mencari produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka saat itu. Anda bisa saja membuat inovasi dari sisi desain, rasa, bentuk dan pilihan warna.

Inovasi bisadilakukan bukan saja dari hal-hal yang berkaitan langsung dengan produk. Anda bisa juga memberikan inovasi terhadap pelayanan. Misalnya, menyediakan kurir untuk antar jemput pesanan, dan lain sebagainya.

3. Promosi dan Diskon

Ini sudah tidak perlu diragukan lagi mengenai pengaruhnya di mata konsumen. Dengan memberikan promosi atau program diskon, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk membeli produk Anda. Lakukan promosi untuk moment tertentu agar minat konsumen Anda tidak berpindah kepada produk pesaing Anda.

Satu hal yang harus Anda ingat sebelum melakukan promosi atau diskon. Memberlakukan diskon bukan semata-mata menurunkan harga yang akan berdampak terhadap menurunnya omset. Padahalprogram diskon itu justru dilakukan untuk mempertahankan omset dan profit.