5 Cara Meningkatkan Omset Toko Online TANPA DUKUN

omset bisnis online
5 cara meningkatkan omset toko online

Setiap pengusaha online sudah tentu menginginkan adanya peningkatan omset setiap hari dan setiap bulannya. Kemajuan bisnis toko online salah satunya dapat diukur dari omset yang dihasilkan, apakah meningkat atau justru menurun. Oleh karena itu dibutuhkan strategi yang efektif untuk melakukan peningkatan kualitas, kuantitas dan pelayanan agar berdampak kepada perkembangan perusahaan yang lebih baik. Berikut ini adalah 5 Cara Meningkatkan Omset Toko Online.

1. Segmentasi Market Potensial

Untuk meningkatkan omset toko online Anda, cara pertama yang harus dilakukan adalah melakukan segmentasi market potensial. Market potensial adalah target konsumen yang memiliki peluang/andil besar untuk tertarik membeli produk toko online Anda. Misalnya dengan menargetkan penjualan kepada kalangan menengah keatas yang notabene pangsa pasar cerdas, mengerti akan kualitas. Umumnya mereka tidak terlalu mempermasalahkan harga selama kualitas produk yang didapatkan sesuai dengan ekspektasi mereka.

2. Tingkatkan Promosi Online dan Offline

Sebagai pengusaha toko online, melakukan promosi online di social media atau marketplace lain sudah bukan menjadi hal yang aneh. Kebanyakan pengusaha toko online mempromosikan website mereka dengan cara online juga. Promosi online efektif untuk menjangkau target pasar yang berada jauh dari domisili perusahaan.

Selain online, Anda bisa juga mengkombinasikan dengan promosi offline untuk membidik market disekitar Anda. Jangan sampai orang yang jauh mengetahui bisnis Anda sedangkan orang yang dekat justru tidak tahu dengan produk bisnis Anda. Buatlah pamflet, flyer atau sticker yang dibuat dalam desain menarik sehingga orang lain akan rela memasangnya di kendaraan atau di rumah mereka.

3. Buat Program Paket

Cara ketiga untuk meningkatkan omset penjualan adalah dengan membuat paket produk. Cara seperti ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Misalnya ada paket hemat, paket lengkap atau paket premium. Dalam satu paket terdapat beberapa produk dengan harga yang lebih murah daripada konsumen membeli satuan.

4. Berikan Potongan Harga

Potongan harga lazim juga disebut dengan diskon. Nah, untuk meningkatkan omset bisnis Anda cobalah memberikan harga diskon untuk produk-produk yang memiliki stock banyak. Ada satu hal yang harus Anda ingat, saat memberikan diskon ini berarti harus diikuti dengan peningkatan jumlah (kuantiti) produk yang terjual. Jangan sampai memberikan diskon tapi ternyata kuantiti penjualannya tetap. Karena yang demikian justru akan membuat omset bisnis menjadi turun. Harga sudah dikurangi tapi penjualan tidak meningkat.

Maka pilihlah produk yang memang memiliki daya tarik cukup kuat dimata konsumen. Atau Anda bisa memilih model produk lama yang sempat laku keras tapi sudah tertinggal trend mode.

5. Tambah Varian Produk

Toko online yang memiliki banyak varian produk akan lebih disukai oleh calon konsumen. Dengan menambah varian produk, akan membuka peluang lebih besar untuk terjadinya peningkatan omset. Tambahkan varian warna dari model yang sudah ada, atau bisa juga Anda menambahkan produk model baru untuk menyegarkan pasar yang sudah mulai jenuh.