4 Pekerjaan Sampingan di Internet

pekerjaan sampingan di internet
4 Pekerjaan Sampingan di Internet
Dampak dari kecanggihan teknologi internet bisa kita manfaatkan untuk mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pemasukan. Sudah banyak sekali orang yang membuktikannya, jangan sampai Anda hanya menjadi penonton saja. Berikut ini adalah 4 pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di internet

1. Affiliate Marketing

Bahasa sederhana dari affiliate marketing adalah calo. Tugasnya mengundang atau mengirimkan calon pembeli sebanyak-banyaknya ke website toko online. Saat calon pembeli itu melakukan transaksi di website, si pemilik toko online akan tahu bahwa visitor itu datang dari Anda dan oleh sebab itu Anda akan diberi komisi olehnya.

Komisi yang diberikan beragam, ada yang berdasarkan presentase dari harga jual satu produk dan ada juga yang menerapkan flat. Tergantung kebijakan dari toko online tersebut.

Anda bisa mendaftar menjadi affiliate marketing di ebaay.com, amazon.com, yukbisnis.com dan lain-lain. Silahkan baca ketentuan yang berlaku di masing-masing web tersebut.


2. Pay Per Click

Pay Per Click sering juga disingkat dengan PPC. Program ini banyak diikuti oleh seorang publisher (penayang) iklan. Biasanya seorang publisher harus mendaftarkan terlebih dahulu website dirinya yang akan dipasang script iklan PPC.

Setelah disetujui, maka akan diberikan kode iklan yang bisa dipasang pada blog atau website yang dikelola. Ketika iklan sudah tampil di web, kemudian ada pengunjung yang mengklik iklan tadi maka si pemilik web (publisher) akan mendapatkan komisi.

Contoh perusahaan PPC yang paling populer adalah Google Adsense. Untuk PPC lokal ada juga seperti kumpulblogger.com. Untuk PPC lokal nilai komisi perklik masih tergolong relatif kecil. Sedangkan untuk PPC luar bisa mencapai puluhan dolar setiap klik.

3. Penjual Jasa Online

Semakin meluasnya pangsa internet, membuat banyak orang memiliki peluang untuk menjual produk maupun jasanya. Nah jika Anda memiliki keahlian tertentu yang berkaitan dengan internet dan banyak orang yang membutuhkannya, Anda bisa menjual jasa kepada mereka.

Misalnya menjadi penulis artikel lepas, menjadi admin sosial media, menjadi pembuat logo, pembuat blog atau website, jasa iklan, jasa pembayaran online dan masih banyak lagi.

Keuntungan menjadi penjual jasa adalah produknya yang tidak akan habis selama Anda masih kreatif dan produktif.

4. Dropshipping Online

Reseller dropship saat ini menjadi semakin booming dengan semakin banyaknya orang yang memiliki smartphone. Akses internet yang sudah relatif murah, membuat orang-orang yang berjauhan dan tidak saling mengenal sebelumnya bisa melakukan komunikasi dan mengadakan kesepakatan jual beli.

Pada dasarnya dropshipping mirip dengan metode penjualan eceran. Keuntungannya, dropshipper tidak perlu menyimpan atau memiliki produk secara fisik.

Anda dapat menjalin kerjasama bisnis dengan perorangan atau toko grosir, yang merupakan pemasok dari produk yang akan Anda jual. Seluruh permintaan produk yang didapat dari pembeli diteruskan kepada perusahaan grosir. Pihak perusahaan grosir inilah yang nantinya akan mengirimkan pesanan kepada pembeli dengan mengatasnamakan Anda sebagai penjual.