Teknik 'Halal' SEO Google 2015 Untuk Toko Online Blogspot

SEO blogspot terbaru 2014

Wow judulnya kaya di forum-forum blackhat yaa? :D
Jika kita mendengar kalimat seperti judul diatas, langsung saja terlintas di otak Anda bahwa yang akan saya beberkan saat ini adalah teknik jitu, akurat, cepat dan mudah, dalam mengoptimalkan SEO untuk toko online Anda, bener gak?  Hehehe..

Para pembaca sekalian, jika Anda bertanya tentang teknik SEO kepada 1000 orang, bisa jadi Anda juga akan mendapatkan 1000 jawaban yang berbeda dari mereka, entah itu dari sisi onpage maupun offpage nya. Ada banyak sekali saran dan nasehat dari pakar SEO yang mungkin justru akan membuat isi kepala Anda penuh dengan berbagai teori yang malah bikin bingung ketika mau praktek. Kira-kira yang mana yaaah teknik SEO yang bener-bener jitu? Bukannya Anda mendapat pencerahan setelah membaca tips-tips tadi, malah jadi makin blank.

Menurut saya, SEO terbaik saat ini adalah 'kebermanfaatan', terserah apakah itu SEO untuk toko online maupun SEO untuk blog biasa. Seiring dengan semakin canggihnya algoritma google dalam menganalisa satu halaman untuk memutuskan posisi web atau blog Anda pada hasil pencarian, banyak teknik lama yang justru sudah tidak berlaku secara signifikan. Lalu apa yang saya maksud dengan KEBERMANFAATAN tadi?

Yuk simak baik-baik penjelasan saya tentang strategi SEO untuk toko online berikut ini.

1.Berbagi Manfaat

Hal pertama yang harus Anda tekankan saat ini adalah, jangan memfokuskan SEO untuk mesin pencari. Mulailah menulis artikel bermanfaat dengan mengambil topik yang berkaitan dengan produk dari toko online Anda. Misalnya jika Anda menjual sepatu pria online, maka tulislah artikel tentang 'Cara Memilih Sepatu" atau bisa juga 'Model Sepatu Terbaru Saat ini'. Tulis artikel dengan tujuan untuk memberikan masukan dan informasi kepada para pembaca sebelum mereka membeli sepatu yang Anda jual. Dengan adanya artikel yang bermanfaat ini bisa membuat pengunjung web menjadi betah berada lama di blogspot toko online Anda.

2. Arahkan Pembicaraan Kepada Produk Anda

Setelah satu artikel selesai memberikan informasi, selanjutnya adalah mengarahkan mereka untuk membeli produk Anda. Sisipkan kalimat seperti ini dibagian akhir artikel. Contohnya Anda memberikan informasi seputar cara membeli sepatu pria online, dibagian akhir bisa menuliskan "Jika Anda ingin membeli sepatu pria online terpercaya dengan garansi memuaskan, silahkan klik link berikut ini (pasang link toko online Anda)"

Lakukan update artikel bermanfaat yang sesuai dengan topik jualan Anda, minimal tulislah 1 artikel perharinya. Karena robot google sangat menyukai web/blog yang update secara rutin.

3. Berikan Pelayanan Cepat dan Akurat

Pada dasarnya SEO adalah strategi untuk mendapatkan possi terbaik di mesin pencari. Dengan posisi terbaik itu memungkinkan Anda mendapatkan pengunjung agar singgah ke toko online. Akan tetapi, setelah mereka berhasil mendatangi toko online Anda ini bukanlah akhir dari perjuangan. Mereka pasti akan menghubungi Anda untuk bertanya seputar minat mereka membeli produk toko online itu. Maka berikan pelayanan cepat dan ramah agar mereka merasa dilayani dengan baik.

Yaahh Anda bayangkan saja jika toko Anda berupa toko offline. Kemudian ada konsumen masuk kedalam toko, tentu harus disambut dan dilayani dengan baik kan? minimal ditanya "Ada yang bisa dibantu?". Nah dalam mengelola toko online pun begitu seharusnya. Karena apalah artinya SEO toko online Anda bagus, jika pada tahap approve, calon buyer malah kabur karena tidak mendapatkan pelayanan dari Anda.

4. Bagaimana Dengan Optimasi Onpage dan Offpage (Backlink)

Jika Anda memahami tentang kedua optimasi tersebut, silahkan lakukan dengan syarat jangan over optimize atau toko online Anda akan dianggap spam dan tentu saja bisa di banned dari google. Karena menurut saya, setelah google membuka kantor di Indonesia membuat mereka lebih ketat dalam menyeleksi hasil pencarian. Sekalipun backlink Anda banyak dan SEO onpage Anda bagus, namun jika konten dari artikel tersebut tidak bagus maka hampir sulit dipastikan bisa muncul di halaman satu bahkan peringkat satu.

Content is the king, begitulah prinsip SEO saat ini. Siapa yang bisa memberikan informasi bermutu kepada pembaca maka dialah web yang akan disayang mbah google. Dan tentu akan lebih kuat lagi jika content artikel Anda bermutu dan didukung oleh kuatnya faktor offpage dan onpage.


credit pict by : naturalseotechniques.blogspot.com