Gunakan Google Untuk Mencari Ide Bisnis Kreatif Anda

menggali ide usaha menggunakan google
Ide Bisnis

Ide bisnis kadang tidak bisa kita duga dari mana datangnya. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam memilih dan mencari inspirasi ide bisnis. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan google. Ya, Google.. Siapa yang tidak tahu dengan raksasa mesin pencari paling populer di dunia ini.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mencari ide bisnis menggunakan google, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu kekurangannya. Dalam mencari ide menggunakan google ada satu kelemahan utama yaitu ide bisnis kita bukanlah ide orisinil atau unik. Karena sudah ada bahkan banyak orang yang menjalankan ide tersebut. Dan ini akan membuat pasar semakin sempit dengan banyaknya pesaing.

Oleh karena itu, ide dasar idealnya berasal dari pemikiran Anda sendiri. Gali terlebih dahulu passion atau minat bisnis Anda. Selanjutnya Anda bisa mencari informasi pembanding atau pendukung untuk memperkuat ide bisnis yang telah Anda pikirkan sebelumnya. Kita bisa menggunakan syntax pencarian google, agar hasil informasi yang terkumpul lebih akurat sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

1. intitle:
Dengan menggunakan perintah intitle: kita bisa mencari informasi dengan judul tertentu saja.

contoh :
intitle:"Bisnis sepatu pria online"  ==> maka hasil pencarian yang keluar adalah semua psotingan/artikel website dengan judul "Bisnis sepatu pria online"

2. inurl:
Perintah inurl:  kita  bisa mencari suatu website dengan path URL / Sub direktori yg ada disuatu webiste lebih akurat.

Contoh:  inurl:"/download/ebook/"  ==> maka hasil pencarian yang ditampilkan adalah semua alamat URL website yang mengandung "/download/ebook/"

3. filetype:
Perintah filetype: kita bisa mencari suatu file dengan ekstensi (tipe berkas) tertentu saja,

contoh:
Proposal bisnis filetype:pdf ==> maka akan menghasilkan semua file berjudul proposal bisnis dengan tipe atau ekstensi pdf yang bisa langsung Anda download.

4. Site:
Perintah "Site:namawebsite.com diikuti dengan kata kunci" dimaksudkan untuk mencari dalam satu website saja.

Contohnya Anda ingin mencari supplier sepatu pria yang melayani dropship dari kaskus.co.id, maka penggunaannya adalah sebagai berikut: 

"Site:kaskus.co.id Supplier sepatu pria" ==> Ini akan menampilkan semua postingan berjudul "supplier sepatu pria" yang berada di kaskus.


Kembangkan kata kunci yang sesuai dengan apa yang Anda pikirkan. Carilah peluang-peluang bisnis dengan menargetkan kepada segmen tertentu. Misalnya memilih mahasiswa sebagai pangsa pasar, bisa saja Anda mengetikkan  kata kunci bisnis untuk mahasiswa , bisnis mahasiswa, peluang bisnis untuk mahasiswa,  bisnis sampingan mahasiswa, bisnis bagi mahasiswa, peluang bisnis bagi mahasiswa. Karena dengan menentukan segmen berarti Anda telah menyempitkan persaingan dengan pebisnis lainnya.

Dengan bantuan syntax google diatas, bisa Anda gunakan untuk membantu mencari ide usaha yang akan dijalankan. Silahkan bereksplorasi lebih dalam lagi dengan beberapa syntax diatas. Semoga Anda menemukan ide bisnis yang unik dan kreatif sehingga minim persaingan dan memudahkan Anda dalam menembus kepada pangsa pasar yang potensial.

Kata kunci artikel:

majalah ide bisnis | bisnis mahasiswa | peluang bisnis untuk mahasiswa |  ide bisnis tanpa modal | bisnis bagi mahasiswa | peluang bisnis bagi mahasiswa | ide bisnis kreatif