Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

cara memulai bisnis online, forum bisnis
cara memulai bisnis online

Cara memulai bisnis online tidaklah sesulit yang Anda pikirkan. Banyak orang yang menganggap bahwa untuk memulai menjalani bisnis online harus membuat websiter terlebih dahulu. Hal ini sangat tidak benar, coba Anda lihat di internet ada banyak marketplace disana yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Nampaknya memang sangat tidak masuk akal bila kita ingin memulai usaha namun tanpa menggunakan modal uang yang besar.

Setidaknya ada beberapa langkah awal memulai bisnis online yang bisa Anda pilih sebagai berikut.

1. Jadilah Penjual Jasa

Tentukan produk yang akan Anda jual, bisa berupa jasa maupun barang. Jika saat ini Anda belum memiliki produk sendiri, bisa saja Anda memulai menjadi penjual jasa, seperti jasa pasang iklan di internet. Ketahuilah bahwa tidak semua orang mengerti dan paham menggunakan internet untuk bisnis. Oleh karena itu Anda bisa mencari pemilik produk yang akan anda tawarkan jasa promosi dari Anda. 

2. Mendaftar di Marketplace

Marketplace adalah pasar online tempat bertemunya antara penjual dan pembeli di internet. Buatlah beberapa akun di masing-masing marketplace seperti tokobagus.com, tokopedia.com, yukbisnis.com, berniaga.com, kaskus.co.id dan masih banyak lagi. Di marketplace tersebut Anda bisa menjadi penjual dropship online. Carilah supplier produk yang bisa diajak kerjasama disekitar tempat Anda tinggal. Atau jika Anda kesulitan mencari, silahkan awali bisnis online dengan menjadi penjual sepatu dropship, kunjungi web sepatupria99.com

3. Pelajari Ilmu Marketing

Ilmu marketing pada dasarnya adalah ilmu edukatif. Seorang marketer online harus bisa menggalang pasar seluas-luasnya, dan mengedukasi pasar tersebut agar mengenal dan memahami keunggulan produk dan jasa dari Anda. Tentuk butuh waktu dan proses yang dilakukan secara kontinyu. Silahkan baca artikel lainnya dari onino.web.id

4. Gunakan Sedikit Modal

Lohh katanya tanpa modal? Tenang saja, pada point 1 sampai 3 diatas bisa Anda lakukan tanpa mengeluarkan biaya kok. Nah pada point 4 ini untuk mempercepat meraih pangsa pasar, setelah Anda mendaftar dibeberapa marketplace seperti pada poin 3 diatas, lakukan upgrade sebagai premium member. Dengan begitu, iklan Anda akan lebih mudah dan lebih banyak diketahui oleh calon pembeli yang mengunjungi situs tersebut.

Semoga ke-4 pilihan diatas bisa memberikan pencerahan kepada Anda yang sedang mencari cara memulai bisnis online. Segala sesuatu butuh proses dan ikhtiar, jangan mudah menyerah ketika menemukan kendala teknis. Silahkan browsing lebih banyak lagi informasi di internet untuk menambah wawasan dan memperluas pemikiran Anda dalam menjalankan bisnis online.

Khusus bagi Anda yang sudah memulai berjualan di Instagram, saya punya ebook gratis untuk Anda.
Silahkan download disini

Ebook Cara Cepat Jualan Online di Instagram

kata kunci artikel: