Bisnis Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal

bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal

Bisnis Sampingan Mahasiswa
Bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal nampaknya akan menjadi satu topik pembahasan menarik untuk artikel kali ini. Menjadi seorang mahasiswa tentu sudah memiliki pandangan hidup yang harus lebih lugas dalam menentukan langkah selanjutnya setelah mereka wisuda. Ada yang memilih untuk memulai menjalani bisnis ada juga yang memilih untuk bekerja di perusahaan yang sesuai dengan bidang ilmu mereka.

Selama Anda menjadi mahasiswa tidak ada salahnya jika mulai merintis usaha sejak masih kuliah. Selain berpeluang untuk sukses di usia muda, merintis usaha sampingan saat menjadi mahasiswa juga bisa menjadi cikal-bakal bisnis Anda selanjutnya. Banyak sekali peluang bisnis sampingan mahasiswa yang bisa dijalankan tanpa modal.

1. Menjadi Makelar Online.

Untuk menjadi makelar online Anda harus terlebih dahulu memiliki reputasi baik di komunitas online. Bagaimana caranya? aktiflah di berbagai forum online seperti kaskus. Jadilah member yang memiliki reputasi terpercaya agar pada saat Anda menawarkan satu produk atau jasa, orang-orang di forum tersebut sudah mengenali Anda.

Jika sudah begitu, Anda hanya tinggal melihat peluang disekitar kemudian pilih mana peluang yang bisa dikonversi menjadi sumber penghasilan. Misalnya disekitar kampus Anda ada rumah atau tanah yang mau dijual. Cobalah untuk mencari informasi harga dan ketentuan lainnya dari si penjual kemudian Anda buat penawaran di forum online kesayangan Anda. 

Anda bisa meminta pembayaran komisi dari si penjual atau bisa juga menaikkan harga jual dan selisihnya menjadi keuntungan Anda. Tentunya setelah melakukan koordinasi terlebih dahulu kepada si penjual.

2. Affiliate Marketing.

Menjadi seorang affiliate marketing hanya bermodalkan koneksi internet. Di Indonesia saat ini ada banyak perusahaan toko online yang mulai memasarkan produknya menggunakan sistem affiliate. Sistem ini pada prinsipnya adalah membantu si penjual untuk mencari pembeli dengan cara menyebarkan url affiliate Anda. Untuk mendapatkan link yang akan disebarkan tersebut, Anda harus terdaftar terlebih dahulu di perusahaan affiliate marketing tersebut.

Sistem pembayaran affiliate berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan. Biasanya sih menggunakan sistem komisi sekian rupiah jika produk mereka terjual melalui link affiliate Anda.

3. Dropshiper/Reseller Online.

Menjadi dropshipper atau reseller online adalah pilihan terbanyak yang saat ini dijalani oleh para mahasiswa dalam memulai menjalankan bisnis tanpa modal. Dropshipper pada prinsipnya adlalah sales freelance. Perbedaannya dengan afiiliate adalah, jika dropshipper langsung menawarkan produk kepada konsumen, bukan hanya sebatas memberikan link.

Dalam hal pembayaran pun, reseller/dropship nampak lebih fleksibel. Seorang reseller dropship bisa menentukan harga jual sendiri, dan selisihnya adalah sebagi keuntungan Anda. Keunggulan lainnya lagi adalah, nama produk yang dikirimkan kepada konsumen menggunakan nama Anda atau toko online Anda. Jadi seolah-olah Andalah pemilik toko tersebut.

Bagaimana? dari 3 bisnis sampingan mahasiswa diatas kira-kira adakah yang cocok atau yang Anda minati? Oiya.. jika Anda menginginkan menjadi dropship sepatu pria online, silahkan kunjungi supplier terpercaya langsung, yaitu sepatupria99.com.

Bisnis sampingan mahasiswa diatas bisa saja menjadi bisnis utama Anda dikemudian hari. Mengantisipasi jika setelah lulus Anda sulit mendapatkan pekerjaan, yaaah setidaknya Anda memiliki aktivitas bisnis cadanan kan?


credit pict by: www.newgeography.com