Alkisah Angsa Bertelur Emas

hikmah bisnis, angsa dan telur emas
Telur Emas
Alkisah seorang petani miskin yangg memiliki angsa bertelor emas. Sungguh bahagia karena dirinya dan keluarga akan terlepas dari derita kemiskinan selama ini. Setiap malam petani itu tak sabar menunggu pagi, dan setiap pagi ia tersenyum bahagia melihat angsanya bertelur emas lagi.

Setelah seminggu berturut-turut bertelur emas, ia pun berfikir "Kenapa tidak aku sembelih saja angsa ini, jadi semua emasnya bisa kudapatkan dengan cepat?". Dengan tekad yg bulat untuk mendapat emas berlimpah, petani itu kehilangan kesabaran, disembelihlah si angsa emas itu.

Namun sungguh sayang, ternyata dalam tubuh angsa itu tak terdapat emas yangg diinginkannya, bahkan kini dia tak akan bisa lagi memanen emas selamanya. Petani itu hanya bisa meratapi dan menyesali atas perbuatannya sendiri. Ketidaksabaran akan proses & keserakahan telah memutuskan mata rantai rejeki berlimpah yg seharusnya ia bisa dapatkan.

Dari cerita diatas kita sudah bisa melihat hikmah dari betapa pentingnya kesabaran. Sabar dalam menjalankan proses, jangan terburu oleh nafsu serakah yang akan berujung pada penyesalan. Dalam setiap bisnis yang dijalankan tentu kita semua mungkin akan mengalami kejadian diatas. Ketika ada peluang baru, lebih baik dipelajari terlebih dahulu dan jangan sampai meninggalkan proses yang sedang dijalankan. Proses yang telah Anda rintis selama bertahun-tahun lamanya.

Kisah diatas diambil dari kultwit mas Jaya Setiabudi, melalui akun twitternya.