3 Pemahaman Keliru Dalam Internet Marketing

tips internet marketing
3 kesalahan dalam internet marketing
 
Kemajuan internet saat ini sudah mulai dimanfaatkan oleh para pengusaha kecil maupun pengusaha besar (corporate). Mereka mulai menggunakan internet marketing sebagai media promosi untuk mendongkrak penjualan produk masing-masing. Pada umumnya strategi internet marketing yang dijalankan melalui jejaring sosial, membuat katalog online, dan juga email marketing. Namun ternyata masih banyak yang belum memahami bagaimana mengoptimalkan internet marketing yang berdampak langsung terhadap peningkatan omset. Berikut ini adalah 3 Hal keliru yang sering terjadi dalam internet marketing.

1. Cukup Dengan Membuat Website

Tidak ada yang salah ketika Anda membuat website untuk kepentingan internet marketing bisnis Anda. Namun ternyata tidak hanya cukup dengan sebatas memiliki saja. Anda perlu melakukan promosi website juga agar dikunjungi oleh banyak orang. Apalah artinya desain website bagus dan mahal jika ternyata tidak memiliki pengunjung. Untuk melakukannya, dibutuhkan proses dan usaha yang tentu saja tidak bisa instant. Anda harus memiliki website yang disukai dan dikunjungi oleh banyak orang dengan cara menyediakan informasi yang bermanfaat dan relevan dengan bisnis Anda.

2. Lemah Dalam Strategi Sosial Media

Popularitas sosial media bisa menjadi pangsa pasar online yang cukup menjanjikan. Facebook, twitter, path, instagram, pinterest dan lain-lain adalah beberapa contoh sosial media yang paling digandrungi oleh masyarakat. Gunakan strategi promosi yang efektif jangan hanya sebatas menyebarkan link saja.

Tentukan tujuan dari penggunaan sosial media. Apakah untuk membangun awareness, untuk menarik pengunjung kepada website Anda, untuk menawarkan produk atau untuk mengembangkan database calon pelanggan Anda. Sangatlah sulit jika dari sekian banyak sosial media yang ada, Anda ingin mengoptimasi semuanya. Hendaknya sesuaikan dengan kebutuhan pangsa pasar bisnis Anda.

Setelah Anda menentukan tujuan dari penggunaan sosial media, langkah selanjutnya adalah memonitor hasil terhadap pencapaian tujuan yang telah Anda tentukan. Jika ternyata kurang efektif atau bahkan sama sekali tidak berdampak. Berarti ada strategi yang harus diubah atau dibenahi.

3. Konversi Antara Trafik dengan Omset Harus Sebanding.

Jika pengunjung website Anda sudah banyak dan brand awareness melalui media sosial sudah kuat namun tidak berdampak terhadap peningkatan omset, berarti ada strategi yang juga harus dievaluasi. Bisa jadi halaman-halaman website Anda kurang informatif atau desain nya tidak menarik, menyebabkan minim nya minat pengunjung untuk melakukan pembelian . Atau bisa juga karena strategi sosial media Anda yang tidak tepat terhadap segmentasi pasar produk Anda.

Banyaknya pengunjung website jika tidak diiringi dengan peningkatan penjualan bisa jadi ada kesalahan dalam menentukan niche (topik bahasan) website Anda. Idealnya, semakin banyak pengunjung yang datang melihat website Anda diikuti juga dengan meningkatnya penjualan produk. Dengan begitu jelaslah bisa dirasakan manfaat dari strategi internet marketing yang telah Anda lakukan untuk kemajuan bisnis.